membuat stiker

Untungnya Membuat Stiker Resin Timbul untuk Menambah Penghasilan dimusim Pandemic

Dimusim pandemik ini kita dituntut untuk memiliki kreativitas untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Beruntung yang masih bekerja, bagaimana apabila posisi kita sedang dirumahkan sehingga tidak memiliki penghasilan sama sekali. Membuat stiker resin timbul ini bisa menjadi alternatif untuk menambah rupiah agar dapur tetap bisa ngebul.

Stiker resin atau biasa disebut dengan stiker dome / timbul adalah jenis stiker yang mana di lapisan gambarnya terdapat cairan resin yang dikeringkan sehingga stiker tersebut akan menjadi timbul dan efek stiker menjadi 3d.

Kenapa memilih stiker timbul, karena harga stiker timbul dihitung per cm sehingga mendapatkan keuntungan yang lumayan besar marginnya.

Stiker ini biasa kita jumpai pada stiker merk, stiker logo, stiker tangpad motor, emblem dan kreatif lainnya. Cara membuat stiker timbul resin sebenarnya sangat mudah hanya saja kita harus memahami beberapa teknis cara pembuatannya.

  1. Jenis Bahan Stiker
  2. Jenis Printer yang Digunakan
  3. Jenis Resin yang Dipakai
  4. Mengenal Resin dan Katalis serta Takaran yang Tepat didalam Pembuatan Stikernya.

Jenis Bahan Stiker

Bahan stiker pada dasarnya berbeda-beda dari mulai bahan kertas, semi plastik ataupun berbahan dasar plastik. Untuk membuat stiker resin bahan yang digunakan tentunya harus tahan dengan air karena akan diberikan resin yang berbahan dasar cairan. Ada 2 bahan stiker yang umum yang berbeda dipasaran yaitu stiker vinyl dan cromo.

Untuk membuat stiker resin pilihlah bahan dasar plastik seperti stiker vinyl, karena bahan ini sudah berbahan dasar plastik sehingga kuat dan tidak mudah luber dan robek ketika diberi cairan resin.

jenis stiker vinyl

Atau bisa saja kita menggunakan bahan dasar kertas seperti bahan chromo, dengan catatan harus dilapisi stiker laminasi sehingga hasil printingnya menjadi tahan dari bahan cairan.

stiker cromo

Jenis Printer yang Digunakan

Pada dasarnya jenis printer bisa kita gunakan jenis apa saja hanya saja untuk type printer rumahan biasanya bertinta dye ink yang mana bahan dasarnya adalah air sehingga tidak bisa nempel ke kertas yang berbahan dasar plastik.

Ada empat cara untuk mengatasi kondisi diatas yaitu cara pertama membeli printer yang bertinta art paper yang berbahan dasar minyak sehingga bisa menempel ke stiker vinyl, tapi biaya kostnya akan menjadi mahal untuk tahap pertama saja selanjutnya hanya memikirkan bahan dasar untuk stikernya saja.

Cara kedua seperti yang dijelaskan diatas membuat sendiri stiker timbul dari bahan stiker inkjet menggunakan kertas biasa yang nantinya dilapisi stiker plastik laminasi.

Cara yang ketiga yaitu dengan menambahkan magic inject coater yang bisa dibeli di marketplace yang kegunaanya adalah merubah bahan dasar plastik yang bisa di cetak dengan printer biasa.

majic coating

Dan cara yang ke empat adalah dengan datang kepercetakan, hasil desain kita cetak di tempat digital printing tersebut, sangat mudah bukan dan murah tentunya karena hasilnya akan bagus dan bisa buat dalam jumlah sedikit.

Jenis Resin yang Digunakan

Untuk membuat stiker timbul kita menggunakan resin sintetis yang terdiri dari 2 cairan yaitu jenis resinnya dan pengerasnya atau hardener, jadi apabia kedua komponen ini dicampurkan maka akan menjadi keras.

Berdasarkan kebutuhannya jenis resin ada 2 macam yaitu :

  1. Resin Indoor, resin jenis ini hanya bisa digunakan untuk didalam ruangan saja jika terkena cuaca seperti apanas dan hujan makan akan cepat menguning bahan tersebut.
  2. Resin Outdoor, artinya bahan jenis ini bisa digunakan dengan dua keadaan baik indoor ataupun outdoor karena jenis bahan dasar resin ini tahan sinar UV dan tidak akan berubah warna.

Sedangkan jika dilihat dari sifatnya resin juga terbagi 2 bagian yaitu :

  1. Resin Soft atau Lentur, yaitu resin hasil jadinya akan bersifat lentur sehingga mampu mengikuti bentuk benda yang akan di tempel stiker tersebut. Dan jenis ini biasa dipakai untuk pembuatan stiker timbul tentunya harganya pun agak mahal, tetapi sebanding dengan hasil yang dibuatnya.
  2. Resin Hard atau keras, yaitu jenis resin yang hasil jadinya akan kaku atau keras, dan bila ditekuk akan patah, makanya jenis ini tidak cocok untuk pembuatan stiker dan biasanya digunakan untuk pembuatan souvenir seperti gantungan kunci, dan lain sebagainya.

Mengenal Resin dan Katalis serta Takaran yang Tepat didalam Pembuatan Stikernya.

  • Langkah pertama buat desain yang akan dibuat stiker terlebih dahulu, saya sarankan menggunakan coreldraw agar hasil yang dibuat akan berbentuk vector.
  • Setelah dibuat desainnya siapkan bahan cetak dan printernya, kemudian cetak ke media stikernya sampai jadi.
  • Langkah selanjutnya stiker di cutting seperti cara membuat stiker cutting, Kalo tidak memiliki mesin cutting, guntinglah gambar yang akan dibuat stiker timbul, agar nanti setelah diberikan cairan resin, cairannya tidak meluber kemana-mana.
  • Siapkan campuran resin soft dan hardener secukupnya dengan perbandingan rasio 2:1 resin 2 hardenernya 1 untuk mendapatkan hasil maksimal, biasanya saya menggunakan jenis resin 1079 atau resin 6079.
  • Aduk hingga merata dan tercampur kedua elemen tersebut, kemudian diamkan sebentar kurang lebih 5 menit agar gelembung pada cairan resin tersebut hilang.
  • Siapakan stiker yang akan diberikan cairan resin diatas meja yang datar agar hasilnya tidak meluber kemana-mana.
  • Langkah selanjutnya tuangkan resin ke stiker yang sudah disiapkan dimeja dengan menggunakan sendok ataupun bisa dengan sendok eskrim,, dan biasakan takaran untuk menuangkannya sama agar hasilnya sama rata dan bagus.
  • Bila masih ada gelembung distikernya bisa ditusuk dengan jarum atau bisa disulut gelembungnya dengan korek gas.
  • Setelah selesai pemberian resin tutuplah stiker tersebut dengan media apa saja asalhan tidak terkena debu dan diamkan selama 15 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Dan hasilnyapun akan jadi,serta siap untuk dipasarkan.

Untuk perhitungan bisnis ini tentunya selain murah, mudah, juga mendapatkan keuntungan 100 %. Mungkin dilain kesempatan akan kita bahas dari sisi bisnis dan keuntungannya. Demikian cara singkat untuk pembuatan stiker resin timbul, sangat mudah dan sederhana, tetapi pada kenyataanya jam terbang yang akan memberikan hasil yang paling sempurna, semoga apa yang saya sampaikan ada manfaatnya, jika ada yang ingin ditanyakan atau mau menambahkan silahkan berkomentar. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *