zakat fitrah

7 Asnaf Zakat yang Menerima Manfaat di Indonesia

Sebagai rukun islam yang ke tiga zakat tidak bisa dilepaskan kewajibannya sebagai salah satu syarat sebagai seorang muslim. Di Indonesia sendiri terdapat 7 asnaf zakat yang memiliki aturan mengikat dari segi ilmu fiqih. Walaupun pada dasarnya terdapat 8 asnaf namun di Indonesia sendiri 1 asnaf mungkin sudah tidak adalagi dan tidak dipergunakan yaitu tentang perbudakan. Zakat sendiri semuanya telah dijelaskan dalam islam mulai dari tatacaranya sendiri bahkan sampai pada penyalurannya semuanya diatur secara terperinci.

asnaf zakat

Pada dasarnya aturan yang ada sebenarnya bukan untuk memberatkan umat islam, tetapi sebagai bentuk rasa kasih sayang Allah kepada hambanya. Karena dengan adanya zakat tentunya semuanya bisa merasakan hari kemenangan dengan suka cita. Lalu siapa saja yang berhak mendapatkan manfaat dari zakat tersebut ?. Dibawah ini akan dibahas secara terperinci ulasan 8 asnaf berdasarkan firman Allah surat At-Taubah ayat 60 diantaranya :

1. Fakir; Mereka yang hidupnya hampir tidak memiliki apa-apa sehingga mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.

2. Miskin; Mereka yang memiliki harta namun hartanya sendiri tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk kehidupannya.

3. Amil; Mereka yang membantu mengurus mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.

4. Mu’allaf; Mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menguatkan dalam tauhid dan syariah.

5. Hamba sahaya; Budak yang ingin memerdekakan dirinya. Di Indonesia sendiri tentunya yang satu ini sudah tidak ada.

6. Gharimin; Siapa saja mereka yang berhutang untuk kebutuhan hidupnya bukan gaya hidupnya dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya.

7. Fisabilillah; Mereka yang berikhtiar dan berjuang di jalan Allah dalam bentuk kegiatan dakwah, jihad dan sebagainya.

8. Ibnus Sabil; Mereka yang kehabisan biaya dan berada di suatu wilayah di perjalanan dalam ketaatan kepada Allah.

Pada dasarnya pembagian zakat fitrah disesuaikan dengan kondisi dilingkungannya masing-masing. Tidak semua asnaf ada pada setiap lingkungan, ada beberapa yang biasa dipakai. Demikian pembahasan tentang asnaf zakat yang berhak mendapatkan manfaat di Indonesia. Semoga ada manfaatnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *